Thursday, February 24, 2005

Visiting KKM 27

22 Februari 2004 akhirnya harus diputuskan brangkat ke lokasi KKM27. Jam 15.50 brangkat naek motor krn gak jadi naek mobil:(
dingin pooool, wow jalannya...nuaek, turun, jemek, berbatu tapi licin pol. jam 17.45 nyampek di posko:D
"langsung neng dapur cit!", huahaha.., sekitar 50an senior udah kumpul di posko. Masak pakek kayu...tp ada juga kompor gas...Solat magrib+isya dulu di masjid yang ada bedug yang kmaren dipikul mas robi, ngapusi...!:P
"gak jadi 50 tapi 100!", masak lagi ya!yeks..sera...tus...?!wakeh poool.
Ting!besok pulang aja ah...ketimbang ngebek2i posko:(

Jam 12.00 persiapan hiking, naek ke lokasi KKM, Hari gi..ni harus hiking?!
Di bawah sinar bulan yang hampir purnama, sekitar 70an orang menelusuri jalan penuh lupur dan pasti licin, abis ujan seharian katanya. Wow gelap pol!sinar bulannya gak bisa nyampe saat berada di deretan pohon2 bambu yang lumayan rimbun, tapi cici punya senter!hihi...dipinjemi mas robi:D, pasti masrobi kemaren juga ky gini ya?

Nyampe di pos penjagaan atas, ada 3 dum ditengah kebun jagung dan kacang tanah kayanya(maap g gitu keliatan). Setengah jam lebih menunggu kode dari panitia, dan akhirnya...."bangun dek!!cepet!cepet!.....#@%$@*&^!!". turun ke lapangan deh
Berdiri di sisi kanan barisan maba yang juga campur degnan panitia, di depan lampu sokle, mrk udah siap untuk melakukan evaluasi, evaluasi trakhir. La ya?! trus mo ngapain aku di sini?
Evaluasi berjalan lancar meski dengan alur yang naek-turun, panjang, dan gak selesai2:(
Leganya hatiku saat sedikit bisa menyimpulkan evaluasi kali ini, kynya gak bakal terjadi hal tak pernah diinginkan tapi entah kenapa selalu terjadi di beberapa tahun terakhir.
Mendekati subuh, evaluasi masih berjalan cool2 aja...tapi mengapa?!tiba2 seorang panitia merobohkan bendera KKM, ya...terang aja arena evaluasi jadi ruame seketika. Pisuhan, tangisan, kemarahan, sampe adu jotospun terjadi lagi...
Masih aku berdiri di tepi lapangan?!sekali lagi, harus ngapain aku di sini?!Apakah memang seperti ini seorang "senior"
Kejadian yang berjalan nyaris sama dengan tiga KKM yang sempat aku ikuti kemaren. Evaluasi terakhir, Maba-Panitia adu pembelaan diri, maba-panitia tawur, senior masuk seolah sebagai "hero", sudah, berakhir!ngakunya...semua sudah merasa lega...tp ya entahlah.
Sangat baguskah setting kejadian seperti ini, samapai harus terjadi di setiap tahunnya? Kecewa rasanya saat ada satu oranag yang berpendapat demikian. "Tp ada untungnya lo itu terjadi, kalo nggak senior mo ngapain di sini?" Hahaha...(tawa nista). Emang siapa senior?KKM tanpa senior juga udah bisa jalan. Mending mencoret nama senior dari segala rutinitas KKM daripada mengorbankan suatu acara yang sebenernya mulia, tapi jadi agak gak jelas dengan kejadian yang paling aku gak suka..."tawur!"

Sambil nunggu hari terang, solat subuh di camp DU, masih gak jauh beda dengan yang aku alami di 2 tahun trakhir. Tanah yang gaka rata, harus masak buanyak di pagi buta, dan persediaan air yang terbatas.
Hihi...gak lupa numpang nge-charge hp di camp genset, makasih sukronya ya Bo!
Pagi udah tiba, jam 6.20 pulang ke posko, Ha...?!jalan yang dilewati semalem ternyata ky gini...?!serem!

Masak lg buat sarapan. Pengen mandi, tp ternyata gak bisa, airnya memang bener2 terbatas. Kamar mandinya bareng sm kandang sapi!:D, sapi perah. MOOOO....:D. Jam 10.15 berangkat hiking lagi. Acara yang juga tetap sama...ada sharing bareng senior. Mendengar segala keluh kesah maba, pengalaman seneng sedih mereka, lucu, hampir sama dengan apa yang aku rasakan saat aku jadi seperti mereka. "Penyadaran kembali apa dan bagaimana sebenernya KKM", kalo itu yang harus dilakukan tapi dengan kenyataan di lapangan seperti yang telah terjadi tadi malam, mungkin aku belum bisa lakukan, bingung harus berkata bagaimana. Hanya bisa bercerita apa yang sudah aku alami, pengalamanku tentang sebuah kegiatan berlabel KKM. Entah apa yang mereka(senior) katakan pada Maba sampai mereka masih menganggap betapa mulianya KKM, tapi mungkin itulah yang harus dilakukan saat ini.

Sekali lagi aku hanya bisa bertanya "trus buat apa aku trus berada disini?", senior bukan, melakukan tugas sebagai seniorpun nggak. Ya karena ketidakjelasan keberadaanku maapin aku kalo harus pulang duluan ya Dee, gak bisa bantuin masak lagi. Kayanya memang belum waktunya aku jadi seorang senior, dan gak pengen lagi jadi seorang senior:)




1 Comments:

At 1:39 PM, Blogger [:: obichi ::] said...

ci seng sabar yah...

 

Post a Comment

<< Home