Friday, March 17, 2006

Siapa Sabiin?

Dalam terjemahan standar yang ada di Indonesia, biasanya diterangkan menjadi "kaum Shabi adalah orang-orang-orang yang mengikuti syariat Nabi-nabi zaman dahulu atau orang-orang yang menyembah bintang atau yang menyembah dewa-dewa" (tentu saja mereka menyebutnya sebagai Shabiin atau Sabiin, bukan kaum Shabi tetapi kurasa kalian tidak akan mempermasalahkan hal sekecil itu, bukan?).

Namun beberapa terjemahan bahasa Inggris dan beberapa artikel menyatakan yang dimaksud Shabi, kemungkinan besar adalah kaum monotheistis (walaupun sebenarnya berbau gnotis dualisme) yang hidup di Irak Selatan, yaitu Mandaean. Mereka tidak mempercayai Nabi Muhammad dan Nabi Isa tetapi mereka mempercayai Nabi Yahya atau John the Baptist kalau di Kristen atau Iahia dalam bahasa mereka. Ketika mereka berada di sekitar kaum pagan, mereka menyatakan diri sebagai penyembah alam atau bintang-bintang.

Nama-nama mereka yang lain adalah Kristen Yahya (Christians of St. John) [dan tentu saja mereka menolak julukan itu] dan Mughtasila (yang mensucikan diri mereka sendiri).


cacianqalbukunderemp.blogspot.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home